Sabtu, 24 Maret 2012

Cara Memilih Bisnis yang Tepat

Anda sudah memantapkan diri memulai bisnis. Tetapi selain modal, ternyata banyak kendala yang harus ditangani terlebih dahulu. Bagaimana caranya memilih bisnis yang paling tepat untuk Anda? Simak poin-poin berikut


1. Lakukan apa yang dicintai (passion)
Poin pertama dalam memilih bisnis yang tepat ini merupakan poin yang paling penting dan paling utama. Pilihlah jenis bisnis yang tepat untuk pribadi Anda berawal dari kegemaran Anda, minat Anda, hobi Anda, dan lainnya. Kaum wanita cenderung lebih memilih jenis usaha dari hal-hal yang menarik minat mereka; seperti berbisnis baju, tas, membuat pernak-pernik aksesoris, dan sebagainya. Hal ini penting dilakukan agar ke depannya, apabila Anda terbentur oleh suatu masalah menyangkut usaha Anda, Anda akan tetap menjalankannya dengan penuh percaya diri dan tanpa paksaan. Itulah yang paling penting.


2. Buat Lebih baik atau lakukan inovasi dan berilah solusi
Pada masa kini, sangat banyak inovasi produk dan usaha yang muncul. Ketatnya persaingan dapat membuat pengusaha harus cerdas dalam membungkus suatu produk atau jasa yang ditawarkan agar pelanggan memilih Anda. Apabila Anda kesulitan berinovasi terhadap produk baru, cobalah menjalankan produk lama dengan kemasan baru yang lebih menarik dan unik. Fokuslah pada memberi solusi, bukan hanya keuntungan. Jika produk dan jasa Anda memberi manfaat lebih pada masyarakat, biasanya produk Anda akan lebih lama bertahan di pasar karena akan lebih dicintai.
Contohnya: The Body Shop yang mengusung aktivitas 'green' yang ramah lingkungan, Apple Inc. yang fokus kepada solusi digital yang lebih sempurna dan modern, dll


3. Fokus pada Peluang
Peluang usaha memang tidak datang dua kali. Bahkan, sebenarnya, peluang hadir di segala hal dan menghampiri semua orang. Tapi, hanya orang tertentu saja yang segera menyadari bahwa itu peluang dan segera menyambarnya. Misalkan, saat ini adalah eranya informasi dan komunikasi, bukalah pikiran Anda dan cobalah memasarkan produk Anda melalui media internet.


4. Buatlah perbedaan

Ribuan produk dari segala jenis bisnis diluncurkan setiap harinya. Masyarakat menjadi bingung produk mana yang tidak hanya mengobral janji dan paling masuk akal, atau yang paling berbeda!
Mungkin produk Anda sama saja dengan yang lain. Tapi buatlah produk Anda tersebut lebih 'bersinar' dibandingkan produk pesaing.
Anda dapat mencontoh iklan Mizone yang menyasar pada kaula muda yang energik dan bersemangat, atau iklan Tolak Angin yang sebenarnya hanya menjual jamu, tapi dikemas lebih modern dan diasosiasikan dengan 'orang pintar' apabila meminumnya, ataupun iklan-iklan lainnya. Maka, buatlah perbedaan!


5. Franchise?
Masih bingung juga jenis bisnis apa yang tepat untuk Anda? Ada solusi lain dalam mengatasinya. Cobalah memasarkan produk dari bisnis yang memang sudah terbukti jalan dan menghasilkan. Misalkan saja, Anda mencoba membeli suatu franchise, entah itu makanan, minuman, obat, dan lainnya. Hanya saja, Anda akan membutuhkan modal awal yang relatif besar untuk membeli 'anak bisnis' yang telah memiliki nama tersebut.


Aulia Zahara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar