Minggu, 25 Maret 2012

10 Perusahaan Paling Untung Dunia (I)

Majalah Fortune kembali mengeluarkan daftar 20 perusahaan yang paling banyak menghasilkan keuntungan selama 8 tahun terakhir. Perusahaan raksasa dunia ini sebelumnya sudah masuk dalam daftar 500 perusahaan terbesar dunia.

Berikut 10 perusahaan raksasa yang menghasilkan keuntungan terbesar selama delapan tahun terakhir itu


1. Exxon Mobile (Peringkat 2 Fortune 500)
Meski tahun ini mahkota Exxon Mobile sebagai perusahaan terbesar di Amerika Serikat sudah digantikan Wall-Mart, namun perusahaan ini mampu menjadi penghasil untung terbesar. Dengan berlalunya era resesi, Exxon telah mampu meningkatkan pendapatan sebesar 59 persen yang dipicu oleh kenaikan harga minyak seiring perbaikan ekonomi global.

Perlu diingat, minyak kini bukanlah segalanya bagi Exxon.

Setelah 2009, Exxon berhasil mencapai kesepakatan raksasa dengan XTO, perusahaan yang memiliki cadangan gas setengah dari produksi Exxon di dunia. Walaupun pergerakan harga gas yang memang lamban, Exxon masih menjadi perusahaan nomor satu dalam daftar Fortune kali ini.

Alasannya, keuntungan Exxon sebesar US$30,5 miliar pada 2010 mengejutkan pesaing terdekatnya sebagai sesama perusahaan minyak yaitu Chevron dengan perbedaan US$10 miliar. Bahkan, keuntungan Exxon ini tercatat 52 kali lebih besar dibandingkan rata-rata keuntungan 500 perusahaan yang tercatat dalam Fortune 500.


2. AT&T (Peringkat 12 Fortune 500)
Walaupun tidak memasukkan hasil kesepakatan besar dengan T Mobile yang berlangsung tahun ini, AT&T terus berjaya. Pada 2010, produk iPhone dijual layaknya Gangbusters, kualitas jaringan yang terus berkembang, serta pendapatan dari wireless data hingga hampir 30 persen, atau tertinggi di antara industri telekomunikasi raksasa.

Keuntungan AT&T meroket hingga 60 persen pada tahun ini atau sebesar US$19,9 miliar. Langkah perusahaan melakukan sejumlah divestasi membuat AT&T berada pada posisi kedua sebagai perusahaan dengan keuntungan terbesar.

Sampai kapan posisi ini bisa bertahan, sangat tergantung pada bagaimana AT&T bisa melakukan bisnis dengan lebih atraktif guna menjaring konsumen. Apalagi, setelah AT&T kehilangan hak eksklusif dalam penjualan iPhone yang beralih ke Verizon. Upaya lain adalah peningkatan dalam kualitas pelayanan jaringan.


3. Chevron (Peringkat 3 Fortune 500)
Catatan keuangan Chevron terlihat sangat bagus. Hal itu ditandai dengan pendapatan yang meningkat 82 persen pada 2010 atau dengan laba mencapai US$19 miliar. Marjin dari industri pengolahan yang lebih baik dan harga minyak mentah yang lebih tinggi membuat keuntungan Chevron berada pada posisi kedua perusahaan minyak terbesar asal AS.

Hal yang tidak begitu menggembirakan, Chevron hanya mengganti seperempat dari minyak dan gas yang dipompa dari ladang minyaknya.

Tahun lalu, Chevron tercatat sebagai perusahaan yang memperoleh rasio penggantian cadangan minyak terendah untuk rentang waktu 10 tahun, dan jauh di belakang dari target industri yang ingin mengganti cadangan minyak sebesar 100 persen per tahun.

Chief Executive Officer (CEO) John Watson tampaknya mengikuti langkah pendahulunya untuk meningkatkan produksi, namun menghadapi masalah untuk menemukan proyek baru.


4. Microsoft (Peringkat 38 Fortune 500)
Meski tidak mengeluarkan produk yang sedang hot seperti telepon bergerak ataupun tablet, pendapatan Microsoft diketahui lebih baik dibandingkan pesaingnya yang bergerak di industri teknologi.

Microsoft pantas berterima kasih pada produknya Windows 7. Microsoft membuat sahamnya di Wall Street seolah terbang setelah menyatakan telah mampu menjual 175 juta kopi sistem operasi Windows 7 sejak diluncurkan pertama kali pada akhir 2009. Langkah ini tentu saja membuat keuntungan Microsoft melonjak 29 persen atau menjadi US$18,8 miliar dan menjadikannya sebagai pemimpin di industri teknologi.


5. JP Morgan Chase & Co (Peringkat 13 Fortune 500)
JP Morgan tidak diragukan lagi sebagai pemimpin dalam perbankan AS, dan hal itu terbukti dengan pendapatan 2010 yang menjadi rekor baru perusahaan sepanjang sejarah. Bahkan, perolehan pendapatan itu melebihi pencapaian pada saat booming.

Bank ini memperoleh keuntungan pada 2010 hingga US$17,4 miliar yang berasal dari berbagai lini bisnis mulai dari kartu kredit sampai jasa penjamin emisi hingga kredit korporasi. Hal itu seiring pulihnya perekonomian AS dan kerugian atas pinjaman yang menurun.

Cadangan dari pinjaman yang macet kini telah diubah dan itu berarti membuat miliaran dolar AS berubah menjadi keuntungan. Walaupun JP Morgan masih harus berhadapan dengan proses pengadilan dari kasus kredit kepemilikan rumah AS (subprime mortgage), serta dari sejumlah pemodal yang mencari pengembalian dana produk subprime mortgage yang berujung pada munculnya masalah.

Setidaknya, hingga saat ini JP Morgan masih tercatat sebagai salah satu bank paling kuat di dunia.


Peringkat 6-10 lainnya baca di SINI


Sumber: bisnis.vivanews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar