Minggu, 25 Maret 2012

10 Merk Paling Mahal di Dunia (I)


Kekuatan merek sebuah produk seringkali mendongkrak kinerja perusahaan baik di sektor jasa maupun barang konsumsi. Apalagi, di tengah dunia social media saat ini, keberadaan merek bisa jadi mengangkat pendapatan sebuah perusahaan.

Hal itu pula yang mendasari BrandZ dan Millward Brown Optimur mengeluarkan daftar 100 merek paling berharga di seluruh dunia. Nilai merek itu memperhitungkan pendapatan dan survei yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendapatan bisa meningkatkan kedekatan merek bagi konsumennya.BrandZ berfokus pada merek yang berorientasi pasar, terutama untuk menghasilkan pendapatan dan keuntungan melalui penjualan barang dan jasa langsung kepada konsumen atau pelanggan bisnis.


Pemeringkatan merek ternama di dunia ini diluncurkan sejak 13 tahun yang lalu dengan data yang terus diperbarui, sehingga mengandung informasi dari hasil wawancara kepada lebih dari 2 juta orang di 30 negara. Data ini dianalisis menggunakan informasi keuangan milik publik yang tersedia di Bloomberg, Kantar Worldpanel, dan sumber lainnya.

Berikut 10 merek termahal di dunia berdasarkan survei BrandZ:

10. General Electric
Nilai merek : US$50,3 miliar.

GE tetap mengalami pertumbuhan pada 2011 kendati hal-hal di luar pendapatan dari faktor merek, menghasilkan pendapatan lebih rendah. Jika dibandingkan dengan posisi 2010, nilai merek GE tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 12 persen.

9. China Mobile
Nilai merek: US$57,3 miliar.

Sebagai perusahaan milik pemerintah, China Mobile merupakan operator telekomunikasi terbesar di dunia dengan pelanggan sebanyak 600 juta orang. Namun, saat ini, China Mobile harus mampu bersaing di tengah serbuan perusahaan telekomunikasi lain seperti China Unicom dan China Telecom yang mengeluarkan keunggulan telekomunikasi berteknologi 3G.

Dibandingkan tahun lalu, nilai merek China Mobile meningkat 9 persen.


8. Marlboro
Nilai merek: US$67,5 miliar.

Marlboro masih menjadi salah satu merek termahal di dunia kendati pemerintah di berbagai dunia mengeluarkan peringatan kesehatan serta kebijakan-kebijakan untuk mengurangi jumlah perokok. Marlboro diperkirakan menyumbang sumber utama pendapatan perusahaan.

Nilai merek Marlboro tahun ini meningkat 18 persen dibandingkan tahun sebelumnya.


7. AT&T

Nilai merek: US$69,9 miliar.

AT&T memiliki uang yang cukup banyak setelah menjalin kerja sama dengan iPhone. Namun, pangsa pasar mereka akan sedikit terganggu setelah iPhone membuka kerja sama dengan Verizon. Hingga saat ini, AT&T masih tercatat sebagai operator telepon kabel terbesar di Amerika Serikat.


6. Coca Cola
Nilai merek: US$73,8 miliar.

Coca Cola diketahui memiliki pendapatan terbesar setelah mampu menguasai pasar dunia. Catatan terakhir menunjukkan pendapatan terbesar Coca Cola berasal dari Rusia dengan kontribusi mencapai 24 persen. Jika dibandingkan dengan posisinya tahun lalu, nilai merek Coca Cola tahun ini tumbuh 8 persen.


Peringkat 5-1 silakan baca di SINI


Sumber: bisnis.vivanews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar