Selasa, 29 Mei 2012

Langkah Mendaftar Paypal dengan Mudah

Apa sih paypal itu? Paypal merupakan alat pembayaran luar negeri. Untuk lebih mudahnya seperti ini; apabila Anda berbelanja online dalam negeri, maka alat pembayaran antara Anda dan si penjual ialah transfer antar bank yang ada di Indonesia. Nah, bagaimana apabila akan melakukan transaksi pembayaran luar negeri? Salah satunya ialah transfer uang menggunakan paypal ini. Sebenarnya masih ada berbagai cara lain pembayaran luar negeri selain paypal yakni Telegraphic Transfer, Western Union (ini seperti wesel), Moneygram, dan lainnya. Namun, dalam artikel ini hanya akan dibahas mengenai paypal yang terbukti banyak digunakan di seluruh dunia dan lebih aman karena Anda tidak harus memberikan nomor kartu kredit Anda setiap kali Anda berbelanja di web luar negeri.

Paypal sendiri nantinya akan diintegrasikan dengan kartu kredit ataupun kartu debit (kartu ATM) Anda. Tetapi disarankan Anda menggunakan kartu kredit saja karena verifikasi pengaktifan paypal akan lebih mudah dan lancar apabila Anda menggunakan kartu kredit. Dan tidak semua kartu debit dari bank penerbit kartu debit di Indonesia dapat diverifikasi oleh Paypal. Jadi jangan bingung, kok Paypal bisa ada uangnya ya?hehe.

Adapun cara mendaftar paypal ialah:
#1. Buka www.paypal.com

#2. Klik 'Daftar' atau 'Sign Up' (Web Paypal sekarang sudah dalam bahasa Indonesia sehingga akan mempermudah Anda dalam mengakses informasi)

#3. Silakan pilih negara Anda (Indonesia)

#4. Paypal akan meminta Anda untuk memilih fasilitas 'Pribadi', 'Primer', atau 'Bisnis'. Apabila Anda pemula, dan hanya akan menggunakan Paypal sebagai sarana pembayaran belanja online Anda ke luar negeri, maka pilihlah 'Pribadi' (Anda dapat meng-upgrade-nya nanti, dan tanpa dipungut biaya)

#5. Silakan masukkan data diri Anda.
 Pada bagian nomor telepon, apabila nomor telepon Anda misalkan 021 12345, maka masukkanlah dalam format +62-21-12345. Pada awalnya, saya termasuk yang kesulitan dalam memasukkan nomor telepon ini karena hanya diberi contoh awalan (+62) oleh Paypal dan bukan format paling benar nomor telepon (memakai strip (-)). 

#6. Lalu Anda akan dibawa ke page verifikasi 16 digit nomor kartu kredit Anda dan nomor CSC kartu kredit Anda. Nomor CSC ialah 3 digit paling belakang nomor kartu kredit Anda pada bagian belakang kartu (biasanya nomor CSC dicetak memakai font italic/miring)

Selamat! Registrasi Paypal Anda sudah berhasil. Untuk memverifikasi akun Paypal Anda, silakan buka email Anda yang sudah Anda daftarkan tadi. Dan untuk mengaktifkan Paypal Anda, silakan Anda ikuti petunjuk dari Paypal. Selain itu, dalam sarana mentransfer uang, Anda masih akan dibatasi limit nominal transfer (max US$1000). Anda dapat menghilangkan limit tersebut dengan mengikuti petunjuk dari Paypal yang sudah tertera di sana.

Selamat berbelanja virtual!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar